Membuat Poster Menarik Dengan Photoshop

Selamat datang teman,senang dapat berjumpa. Ehmm jadi pada kali ini saya akan membagi sebuah tutorial cara membuat sebuah poster yang menarik hanya dengan menggunakan brush standard. Jadi untuk membuat sebuah poster yang baik perlu diperhatikan juga komposisi antara tulisan dengan gambar yang akan ditampilkan nanti. Poster yang baik memiliki konsentrasi dan fokus tulisan lebih utama di bandingkan dengan gambar pendukungnya. Ok agar tidak terlalu menguras waktu lebih lama langsung saja.. ya..

sample

1. Buka photoshop dan buat kanvas baru dengan ukuran 842 x 1191. Caranya pilih menu file lalu pilih opsi new.


2. Block background kemudian buat sebuah lingkaran dengan brush standard atau lineart terserah dan letakan di tengah tengah kanvas

3. Buatlah layer baru kemudian gambar lingkaran yang lebih besar di atas layer lingkaran yang lebih kecil menggunakan brush.

4. Hapus bagian tengah lingkaran menggunakan eraser sehingga lingkaran yang lebih kecil menjadi terlihat tepat di tengah lingkaran yang lebih besar.

5. Klik kanan pada layer lingkaran yang lebih besar kemudian pilih opsi blending option.

6. Kemudian beri tanda crosscheck seperti pada di bawah ini, atau sesuaikan dengan kreasi kalian masing masing. Coba lakukan kombinasi yang lain untuk mendapatkan hasil yang berbeda.

7. saya juga mengaktifkan drop shadow untuk menambah kesan timbul.

8. Tambahkan tulisan dengan font menarik tetapi masih di bawah batas normal ya.. yang terpenting masih bisa di baca dengan sekali tatap. Pemberian warna tulisan  juga harus diperhatikan. Warna tulisan harus kontras dengan background utama dengan syarat warnanya juga harus cocok dan pas. Peletakan tulisan juga harus diperhatikan betul. Usahakan buatlah tulisan dengan gaya yang tidak flat. Untuk menghindari kesan flat kalian bisa memainkan elemen ukuran tulisan, tulisan dengan font yang besar akan menjadi fokus utama dalam sebuah poster sedangkan tulisan yang kecil kalian bisa gunakan untuk menuliskan detail tambahan seperti no telp dan kontak person.

9. untuk poster dengan space yang minim biasanya penempatan penulisan diletakan dengan jarak yang sangat berdekatan, untuk menghindari kesan berantakan saya biasanya menambah elemen elemen tertentu sebagai penyekat.

10. Kalian juga bisa menggayakan sendiri pola dan sususan tulisan sesuai kreatifitas kalian. Tulisan tidak harus terfokus pada satu tempat, bisa saja menyebar pada sisi sisi poster.

11. Nah biasanya untuk menambah estetik poster saya juga menambah elemen lain dari luar (gambar referensi dari internet) di sini saya menggunakan tekstur batik karena warnanya sangat kontras dan masih berhubungan dengan tema poster yang saya angkat. Sebelum memindah gambar referensi ke kanvas utama pastikan layer tidak terkunci, caranya double klik pada layer lalu pilih ok.

12. Geser dan drag gambar kemudian arahkan kursor ke arah tab utama.

13. jadi saya akan potong gambar batik dibawah mengikuti pola lingkaran. caranya tinggal seleksi saja gambar batik dengan eliptical marquee tool


14. untuk menghapus bagian luar gambar yang di seleksi tinggal klik kanan pada canvas lalu pilih select inverse kemudian tekan backspace untuk menghapus atau hapus secara manual menggunakan eraser tool.


15. karena masih banyak space yang kosong saya mengambil gambar dari internet sebagai elemen pelengkap. saya menggunakan gambar wayang di bawah ini. untuk memotong bagian yang tidak perlu tinggal pilih magic wand tool terus klik pada daerah gambar yang ingin diseleksi dan dihapus, ingat magic wand bekerja dengan cara menyeleksi warna warna yang sama. untuk menghapus atau memotong gambar tinggal tekan backspace.

16. untuk membuat kesan dan efek yang berbeda pada gambar saya lebih sering menggayakan gambar melalu blending option,selain mudah ternyata hasilnya juga sangat bagus. untuk gambar di bawah saya mengaktifkan pattern overlay kemudia memilih pattern yang pertama.

17. setelah saya beri efek, gambar saya drag dan saya pindahkan ke tab utama.

18. saya juga sering menambahkan elemen lain untuk mengisi kekosongan space, ingat ya usahakan gambar yang kalian tambahkan harus sesusai dengan tema poster kalian. berhubung saya membuat poster pameran wayang, saya menambahkan sebuah gambar dengan orang yang sedang dikendalikan sebuah tangan.

19. nah untuk bagian pemanisnya saya hanya cukup menggunakan brush standard, tinggal brush sebuah lingkaran dengan perbedaan besar kecil. cara ini akan membuat poster kalian tambak lebih detil, tidak harus sebuah lingkaran ya... kalian bisa menggayakan dengan pola pola tertentu lainnya.

20. kalian harus kreatif untuk mengisi ruang ruang yang kosong ya, di sini saya menambah sebuah lingkaran lagi dengan ukuran yang lebih besar, saya menyusun warna membentuk gradasi dari tua ke warna muda




21. ok agar background tidak terlalu kosong, saya menambah elemen curve pada bagian atas dengan menggunakan pen tool

22. setelah kalian membuat path menggunakan pen tool, klik kanan pada kanvas lalu pilih opsi stroke path, pilih brush lalu ok

23. nah pathnya otomatis sekarang akan berubah menjadi brush, untuk menghapus path tinggal klik kanan lalu delete path

24. sekarang tinggal block menggunakan tool yang saya kotakin menggunakan warna yang lebih gelap.



saya tidak terbiasa terpacu pada satu style saja, biasanya saya membuat lebih dari satu versi, seperti di bawah ini.



Font yang saya gunakan bisa didownload di link yang saya sediakan

psd poster juga bisa di unduh di sini





















20 comments:

  1. Makasih, Salam kenal saya juga desainer.. Hehe

    ReplyDelete
  2. Mantap mas Artikel nya boleh langsung di coba nih!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mas semoga berguna di kemudia hari heheh

      Delete
  3. Desainernya bagus, btw mau blajar desainer, tapi dalam PS gk bisa sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar basicnya dulu mas, usahakan terbiasa dengan tool-toolnya kalau udah kebiasa gampang kok

      Delete
  4. Makasih tutornya gan membantu banget

    ReplyDelete
  5. nambah ilmu buat ane nih gan posternya lumayan bagus nanti mau nyoba bikin juga hehehe...

    ReplyDelete
  6. membuat poster sih gampang gampang susah, tutor yang agan berikan gak bikin membingungkan. Cocok nih buat nanti jika ada event

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung ya :D semoga membantu

      Delete
  7. wah keren gan tutor nya bisa buat projek tugas seni budaya .thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya mas kebetulan ini dari projek seni budaya saya terus saya buatkan tutornya

      Delete
  8. keren abisss gan. mau tanya nih gan, enakan pake photoshop atau coreldraw gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung mas dua duanya sama sama bagus, kalau jawaban saya, saya lebih terbiasa menggunakan photoshop :D

      Delete
  9. Mantab lahh. Sebenernya saja juga pngn belajar hal semacam ini mas. Cuman blm tau harus mulai dari mana haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai dari basicnya dulu mas, yang terpenting mas harus biasa dengan tool toolnya dulu :D

      Delete
  10. Wuihh... jago banget bikin posternya....

    ReplyDelete
  11. ini nih mastah phosotop berbagai cara membuat poster karena banyak ukm ingin mencoba promosikan dagangan nya.

    ReplyDelete