Membuat Karakter Yang Realistis

BoyLab - Kalian pasti sering bertanya tanya bagaimana memproduksi sebuah karakter yang hampir mendekati realistis? pada judul artikel 'membuat karakter yang realistis di zbrush' saya akan membagi beberapa tips dalam membangun sebuah karakter yang realistis. Sebenarnya dalam membuat sebuah karakter banyak sekali faktor yang dapat membantu menciptakan sebuah karakter yang realistis. Contoh seperti lightning, pencahayaan memainkan peran yang sangat penting dari hasil akhir sebuah karya, pencahayaan yang tepat dapat menambah kesan realitis jika di atur sedemikian rupa. So pada kali ini saya akan menjelaskan hal hal apa saja yang saya lakukan untuk membuat sebuah karakter yang realistis.
Ok jujur Selama saya menggunakan aplikasi zbrush saya tidak pernah membuat konsep terlebih dahulu dari karakter karakter yang sudah saya ciptakan. Itu karena sculpting lebih fleksibel untuk di lakukan dari pada modelling polygon demi polygon. Dalam sculpting pun kita dapat melakukan banyak sekali improve dengan berbagai macam tipe brush.

Sebelum kita menuju tips selanjutnya di sini saya akan memamparkan step by step dalam sculpting yang biasa saya lakukan. Ok, dalam membuat sebuah karakter organik atau makhluk (creature) saya biasa menggunakan basemesh sphere atau bulat. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat hampir semua kepala makhluk hidup berbentuk seperti bulatan. Setelah saya selesai dengan sculpting dan juga detailing saya mulai melakukan retopology setelah melakukan retopology saya melanjutkan dengan painting dan kemudian rendering.






Saya biasa memulai dengan basemesh sphere, hanya dengan brush move saya mulai mencari bentuk yang menurut saya pas. Sambil membentuk dan menemukan wujud yang pas saya juga memperhatikan shliloute objek dari samping dan depan agar nantinya proposi yang saya dapatkan pas dan natural. Karena saya sering tarik dan ulur objek jadi penggunaan dynamesh sangat berguna sekali pada step ini, dan pada step ini lah saya mulai meletakan beberapa komponen seperti mata hidung dan mulut. Ingat jangan membuat sesuatu terlalu detail pada tahap ini karena seiring berjalanya waktu kalian akan sering melakukan improve pada model kalian jadi hasil awal itu tidak mencerminkan hasil akhir ya.



Ok step selanjutnya saya sudah mulai bermain dengan zremesh. Zremesh sangat mudah sekali di gunakan, karena tidak ada niatan untuk menganimasikan objek jadi saya tidak melakukan retopology manual ya. Jadi saya memanfaatkan plugin yang ada di zbrush aja, tinggal tekan zremesh enggak perlu susah susah retopolgy manual. Pada tahap ini seiring berjalanya waktu dan bertambahnya mood saya sering melakukan improve terhadap model saya, saya sering main tarik dan ulur menggunak move brush karena sangat efektif sekali menemukan bentuk yang pas menggunakan brush move. Setelah saya menemukan bentuk pas, saya mulai mengaktifkan subdivide. Pada subdivide lvl 1 saya mulai membuat wrinkle atau kerutan, sangat di sarankan membuat kerutan menggunak brush slash, hasilnya sangat natural dan benar benar seperti layaknya kerutan. Saya tekankan di sini saya tidak pernah berhenti dalam mengubah proporsi, saya sering bermain tarik ulur menggunakan move brush.



Lagi lagi pada step ini saya masih fokus dengan detail. Kenapa sih lagi lagi detail? Ya  karena detail nantinya dapat membuat model kalian lebih tampak realistis, detail sangat memainkan peran memberikan kesan bump pada saat kalian menyorotkan cahaya ke model kalian. Selain membuat makro detail seperti kerut dan lainya saya juga menambah mikrodetail seperti pori pori, jerawat atau tahi lalat. Kenapa? Ya dasarnya aja makhluk hidup beda dengan hard surface yang permukaannya licin dan mulus. Detail itu boleh boleh ya tapi asalkan jangan over detail, kalian boleh menambahkan bintik bintik seperti jerawat atau tahi lalat tapi jangan terlalu over ya cukup kalian sebarkan di permukaan tertentu saja.



36 comments:

  1. wiih ngeri gan gambarnya, thanks udah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama gan, thanks sudah meluangkan waktu buat berkunjung :D

      Delete
  2. 3dnya keren eeuuy, tapi agak rumit ini mah

    ReplyDelete
  3. keren banget gan. kaya di film film yang pernah ane tonton. jadi pengen belajar gan. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul banget gan pilem pilem hollywood buat karakternya sama persis seperti contoh di atas.

      Delete
  4. keren euy gambarnya, pengin belajar ni , wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo gan belajar heheh :D seru loh

      Delete
  5. Replies
    1. thanks sudah meluangkan waktu buat berkunjung :D

      Delete
  6. Replies
    1. Kebetulan karena belajar aja gan, :D

      Delete
  7. jago nih.. keren gan berbakat ^^

    ReplyDelete
  8. Admin komikus ya??
    Keren ya bikinnya dan kreatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mas :D terima kasih udah berkunjung :D

      Delete
  9. Admin komikus ya??
    Keren ya bikinnya dan kreatif.

    ReplyDelete
  10. Keren bangett mastahh 😂👍 mantappp euyyy

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. ia gan maklum namanya juga makluk makhluk fantasy haha :D

      Delete
  12. Keren kak, pengen belajar juga jadinya hehe

    ReplyDelete
  13. Gambarnya bagus bnget gan :D jadi ingin belajar juga

    ReplyDelete
  14. gila keren gambarnya bung,,tapi serem juga

    ReplyDelete
  15. Waah canggih-canggih, awal nyeremin juga gambarnya wkwkwk

    ReplyDelete
  16. gambarnya keren dan mengerikan

    ReplyDelete
  17. serem gambarnya gan
    keponakan saya sampek nangis dan lari

    ReplyDelete
  18. Ijin share gan, buat referensi temen ane yg ikut lomba gemastik animasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih boleh mas makasih banget loh :D

      Delete
  19. waduh, aplikasi blender bisa gak ya Gan....

    ReplyDelete
  20. mantap jadi nambah ilmu. thanks infonya gan

    ReplyDelete
  21. menambah ilmu nih. ane baru belajar pake brush nya gan . ini detail banget. keren

    ReplyDelete